Facebook dan Chatting Dongkrak Pendapatan XL

Pendapatan dari data meningkat 349% dibanding kuartal I-2009.
KAMIS, 29 APRIL 2010, 11:14 WIB
Muhammad Firman, Muhammad Chandrataruna

VIVAnews - PT XL Axiata Tbk membukukan laba bersih Rp 598 miliar selama kuartal I-2010 atau meningkat 18 persen dibanding kuartal IV-2009.

XL juga mencatat pendapatan usaha sebesar Rp 4,2 triliun dan laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) sebesar Rp 2,1 triliun.

Sementara itu, jumlah pelangganrevenue generating base (RGB) meningkat lima persen dengan jumlah total pelanggan RGB pada pada kuartal I-2010 sebanyak 32,9 juta dibanding akhir 2009 sebanyak 31,4 juta.

Direktur Utama XL Hasnul Suhaimi mengatakan, pendapatan dari data meningkat 349 persen dibanding kuartal I-2009 dan memberikan kontribusi sebesar tujuh persen terhadap total pendapatan usaha selama kuartal I-2010 dengan jumlah pelanggan mencapai 12,4 juta.

"Pertumbuhan pesat ini karena didorong oleh popularitas aplikasi jejaring sosial seperti Facebook dan chatting, selain juga tersedianya ponsel pintar dengan harga yang semakin terjangkau," ujar dia dalam siaran pers yang diterima VIVAnews di Jakarta, Kamis 29 April 2010.

Untuk lebih meningkatkan penggunaan data, tahun ini XL mengalokasikan 25 persen dari belanja modal untuk layanan data. XL telah meluncurkan berbagai layanan data dengan tarif yang lebih terjangkau.

Untuk pelanggan BlackBerry, XL memperkenalkan paket “BB Gaul”, sebuah layanan BlackBerry terbatas tanpa web browser dan push mail dengan tarif sangat terjangkau.

Sementara itu, bagi pelanggan yang tidak menggunakan ponsel pintar, XL memperkenalkan layanan “SMS Facebook”.

Selain tarif yang terjangkau, pelanggan dimungkinkan melakukan berbagai aktifivas di Facebook termasuk menerima update informasi tidak terbatas dari teman Facebook.

Hingga akhir Maret 2010, XL telah memiliki 19.904 base transceiver station (BTS) 2G/3G yang telah menjangkau lebih dari 90 persen populasi di seluruh pelosok Indonesia.

"Ini merupakan wujud nyata dari komitmen untuk peningkatan kualitas layanan," ujarnya. (hs)

arinto.wibowo@vivanews.com

• VIVAnews

0 comments:

Post a Comment

My Playlist


MusicPlaylistRingtones
Create a playlist at MixPod.com

I Gotta Feeling

Seguidores