Bocah Penakluk Everest Ingin Daki Cho Oyu

Cho Oyu merupakan gunung tertinggi keenam di dunia. Gunung ini di antara Nepal-China.
JUM'AT, 28 MEI 2010, 10:31 WIB
Hadi Suprapto, Harriska Farida Adiati
Jordan Romero, 13 tahun taklukan Everest (AP)

VIVAnews - Seorang bocah berusia 13 tahun yang menjadi pendaki termuda Gunung Everest kini bercita-cita menaklukkan Gunung Cho Oyu, puncak tertinggi keenam di dunia. Bocah laki-laki bernama Jordan Romero tersebut, Kamis 27 Mei 2010, mengatakan akan mendaki puncak setinggi 8.201 meter saat musim mendaki, pada musim gugur mendatang.

Gunung Cho Oyu berada di perbatasan Nepal-China. Pemerintah Nepal melarang pendaki di bawah usia 16 tahun mendaki puncak gunung, tetapi pemerintah China memperbolehkan.

Romero yang berasal dari Big Bear, California, Amerika Serikat tersebut, Kamis lalu juga mengatakan ekspedisi Everest yang dilakukan mulai pekan lalu berjalan mulus, meski tim pendaki berjuang di tengah hembusan angin kencang. "Saya telah mendorong anak-anak muda untuk melakukan pekerjaan besar. Saya mendorong orang lain untuk mendaki Everest, terutama anak muda," kata Romero di Katmandu.

Hal tersulit yang ditemui selama ekspedisi Everest, menurut Romero, adalah saat berjalan di atas permukaan berbatu di dekat puncak gunung.

Romero mendaki puncak Everest setinggi 8.850 meter pekan lalu dari sisi utara di wilayah China. Dia turun dan tiba di Nepal pada Rabu lalu. Romero sendiri sedang menjalankan misi petualangan untuk mendaki tujuh gunung tertinggi di tujuh benua. Tujuan akhir dalam daftarnya adalah Vinson Massif di Antartika yang berketinggian 4.900 meter dan akan dilakukannya saat musim dingin.

Namun Cho Oyu, yang dianggap para pendakai sebagai salah satu gunung tertinggi yang mudah didaki, sebenarnya tidak masuk dalam daftar petualangan Romero. (Associated Press) (jn)

• VIVAnews

Category: 0 comments

0 comments:

Post a Comment

My Playlist


MusicPlaylistRingtones
Create a playlist at MixPod.com

I Gotta Feeling

Seguidores