Pesawat Komersial Afganistan Jatuh, 42 Tewas

Ada 38 penumpang dan lima kru berada di dalam pesawat buatan Rusia tersebut.
SENIN, 17 MEI 2010, 18:48 WIB
Umi Kalsum, Harriska Farida Adiati
(AP Photo/Denis Poroy)

VIVAnews - Sebuah pesawat komersial dengan 42 penumpang jatuh di wilayah terpencil pegunungan di utara Afghanistan, Senin pagi waktu setempat, 17 Mei 2010. Pesawat milik maskapai penerbangan Afghanistan, Pamir Airways, ini jatuh di wilayah pedalaman di antara kota Kunduz dan Kabul.

Sebanyak 38 penumpang dan lima kru berada di dalam pesawat buatan Rusia tersebut. Pesawat AN-24 itu bertolak dari bandara Kunduz pada Senin pagi, tetapi tidak pernah mendarat di Kabul. Otoritas Afghanistan mengatakan, pesawat itu jatuh.

"Saya membenarkan bahwa sebuah pesawat dengan 38 penumpang dan lima kru jatuh di suatu tempat di Salang Pass," kata juru bicara Kemeterian Dalam Negeri Afganistan, Zemarai Bashary, setelah menerima laporan dari Pamir seperti dikutip dari laman stasiun televisi Al Jazeera.

"Pamir Airways melaporkan, ada sejumlah warga asing di dalam pesawat," lanjutnya. Menurutnya, pasukan NATO di Afghanistan telah diminta untuk membantu mencari pesawat. Juru bicara NATO mengatakan, sebuah pesawat NATO telah dikirim ke lokasi yang diduga sebagai tempat jatuhnya pesawat.

Namun, cuaca buruk mengganggu upaya pencarian. "Kami belum tahu penyebab kecelakaan. Bisa saja karena cuaca buruk," kata koresponden Al Jazeera. "Kondisi udara sangat buruk, sangat berawan sehingga upacara pencarian belum bisa dilakukan," lanjutnya.

Pesawat naas itu dibeli tiga bulan lalu dari Bulgaria. Pamir Airways merupakan salah satu dari tiga maskapai swasta yang sebagian besar melayani rute domestik di Afganistan. (hs)

• VIVAnews

Category: 0 comments

0 comments:

Post a Comment

My Playlist


MusicPlaylistRingtones
Create a playlist at MixPod.com

I Gotta Feeling

Seguidores