Sungai Yordan Terancam Musnah

Sungai ini sudah mengalami over-eksploitasi, polusi, dan minim tata kelola.
SELASA, 4 MEI 2010, 03:44 WIB
Ita Lismawati F. Malau, Harriska Farida Adiati
(Antara/ Kasriadi)

VIVAnews - Sungai Yordan, sungai yang diyakini umat Kristiani sebagai tempat di mana Yesus dibaptis, kini tidak lebih dari sekedar sungai berpolusi yang akan segera musnah tahun depan bila kerusakannya tidak teratasi.

Pakar lingkungan dari Friends of the Earth dalam sebuah laporan mengatakan, sungai terkenal tersebut mengalami over-eksploitasi, polusi, dan minim tata kelola.

Lebih dari 98 persen anak sungai Yordan dialihkan oleh Israel, Suriah, dan Yordania, selama bertahun-tahun. "Aliran yang tersisa penuh dengan sampah, air kolam ikan, kepentingan pertanian, dan air garam," kata Friends of the Earth dari Israel, Yordania, dan Tepi Barat, dalam sebuah laporan, seperti dikutip dari laman Montreal Gazette, Senin 3 Mei 2010. Laporan tersebut akan dirilis hari ini di Amman.

"Tanpa tindakan konkrit, Sungai Yordan bagian bawah diperkirakan akan kering pada akhir 2011. Sungai Yordan, yang mengalir 217 kilometer dari Danau Galilea ke Laut Mati, dan anak sungainya dimanfaatkan oleh Israel, Yordania, Suriah, dan Tepi Barat.

Pada 1847, seorang anggota Angkatan Laut Amerika Serikat yang memimpin ekspedisi di sepanjang Sungai Yordan mengatakan bahwa dia sempat menuruni air terjun. Sekarang, Sungai Yordan merupakan sungai air payau dengan luas hanya beberapa meter.

Beberapa kilometer di selatan Danau Galilea, sebuah bendungan menghambat aliran air ke sungai. Tidak jauh dari bendungan, kotoran mentah keluar dari sebuah pipa. "Tidak akan lagi yang akan mengatakan bahwa air di Sungai Yordan adalah air suci, tidak ada yang bisa menerima kondisi sungai yang terkenal di seluruh dunia ini," kata direktur Friends of the Earth untuk Israel, Gidon Bromberg.

Namun, sekitar 100 kilometer di Sungai Yordan bawah, seorang pria Rusia berjubah putih masuk ke sungai, tepat di lokasi di mana ajaran Kristen mengajarkan bahwa Yesus dibaptis oleh Yohanes Pembaptis. Tiap tahun, ribuan peziarah menceburkan diri ke lokasi itu meski telah diperingatkan mengenai tingginya polusi di Sungai Yordan.(umi)

• VIVAnews

Category: 0 comments

0 comments:

Post a Comment

My Playlist


MusicPlaylistRingtones
Create a playlist at MixPod.com

I Gotta Feeling

Seguidores