Dari Mana Munculnya Ketombe

Ingin menumpas ketombe, kenali fakta-fakta seputar masalah rambut berikut ini!
Petti Lubis
Bad Hair Day (doc Corbis)

VIVAnews – Munculnya ketombe disebabkan jamur sangat kecil atau dikenal Malassezia. Bakteri ini sebenarnya hidup di setiap kulit kepala. Makanan dari bakteri ini adalah minyak dan kulit kepala yang telah mati. Sebenarnya, minyak dan kulit kepala yang telah mati ini akan hilang saat Anda keramas.

Tetapi, pada beberapa kondisi, bakteri tersebut tumbuh secara berlebihan. Bakteri tersebut membuat kulit kepala Anda menjadi iritasi. Rasanya menjadi sangat gatal, bahkan kulit kepala menjadi merah.

Rasa gatal akibat ketombe memang menjengkelkan, dan merusak kepercayaan diri. Ingin menumpas ketombe, kenali fakta-fakta tentang ketombe berikut ini:

Pertama, penyebab genetis. Jika ayah atau ibu Anda juga berketombe, maka Anda juga rentan terkena ketombe.

Kedua, kulit kepala berminyak. Kondisi kulit kepala yang berminyak akan memicu pertumbuhan ketombe. Bakteri Malassezia sangat menyukai kulit kepala yang berminyak.

Ketiga, temperatur panas. Saat berada di tempat yang panas kulit kepala Anda akan cenderung berkeringat dan berminyak. Hal itu bisa memicu tumbuhnya ketombe.

Keempat, stres dan ketidakseimbangan hormon. Faktor psikologis biasanya akan berpengaruh pada produksi hormon. Ketidakseimbangan hormon inilah yang menyebabkan produksi minyak berlebih di kulit kepala dan bisa menimbulkan ketombe.

Menurut seorang ahli kulit, Zoe Draelos, M.D, ketombe sebenarnya bisa dengan mudah disembuhkan. Gunakan saja sampo yang mengandung obat anti-ketombe minimal dua minggu sekali.

Selain itu, yang perlu Anda tahu, menghindari kerontokan kulit kepala yang menyebabkan ketombe memang sulit. Hal yang bisa Anda lakukan adalah selalu menjaga kebersihan rambut. Keramas secara teratur dan jangan biarkan rasa gatal selalu ada di kepala Anda. Gatal akan membuat Anda menggaruk kulit kepala dan membuatnya rontok. Hal itu malah akan memicu pertumbuhan ketombe.

Jika ketombe Anda berminyak dan berwarna kuning, berarti disebabkan oleh kondisi kulit kepala yang tidak normal atau dikenal degan nama seborrheic dermatitis. Kondisi ini biasanya ditandai dengan kulit kepala yang memerah. Jika keadaan seperti itu sebaiknya Anda langsung memeriksakan diri ke dokter. Agar keadaan kulit kepala Anda tidak terinfeksi dan keadaannya makin parah.

• VIVAnews

Category: 0 comments

0 comments:

Post a Comment

My Playlist


MusicPlaylistRingtones
Create a playlist at MixPod.com

I Gotta Feeling

Seguidores