Afsel Siap Sambut Obama di Piala Dunia 2010

Afrika Selatan yakin akan banyak kedatangan tamu-tamu penting dari banyak negara.
KAMIS, 29 APRIL 2010, 12:39 WIB
Suwarjono
Presiden Amerika Serikat Barack Obama (AP Photo)

VIVAnews - Panitia Piala Dunia 2010 Afrika Selatan (Afsel) mengatakan pihaknya siap menerima kunjungan Presiden AS Barrack Obama. "Sungguh luar biasa jika Presiden Barrack Obama datang ke Piala Dunia 2010, dan berada di stadion untuk menyaksikan timnya berlaga," ujar Danny Jordaan, chief executive officer panitia Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

"Kami juga berharap sejumlah kepala negara datang ke stadion selama turnamen," katanya dalam wawancara dengan Associated Press.Saat menerima kunjungan Presiden FIFA Sepp Blatter, Obama mengatakan akan mencoba hadir di Piala Dunia 2010 jika jadwal acara kenegaraannya tidak terlalu padat.

Menurut Jordaan, pemerintah Afsel akan mempersiapkan pengamaman ekstra untuk menjaga kedatangan tamu-tamu penting. Blatter juga berharap Nelson Mendela hadir di stadion bersama tamu-tamu penting lainnya.

Mandela, pemenang Nobel Perdamaian, terlihat di muka publik dalam beberapa hari terakhir. "Memang Mandela telah berusia 91 tahun. Sungguh luar biasa bagi siapa pun melihatnya di stadion," ujar Jordaan.

Jordaan juga mengatakan sulit mengevaluasi ancaman Al Qaida terhadap para pemimpin dunia yang akan hadir dalam laga AS-Inggris, 12 Juni mendatang.

Sedangkan Jerome Valcke, sekretaris jenderal FIFA, mengatakan Afsel akan gagal mendatangkan 450 ribu tamu internasional seperti yang diproyeksikan. Menteri Pariwisata Afsel Marthinus van Schalkwyk juga memperkirakan hanya akan ada kurang 300 ribu turis selama Piala Dunia 2010.

Namun Jordaan memperkirakan akan ada 373 ribu tamu internasional, dengan 100 ribu diantaranya berasal dari negara-negara tetangga. Sampai saat ini pun masih ada 120 sampai 140 ribu tiket yang belum terjual. "Krisis ekonomi yang melanda Eropa; khususnya Inggris dan Jerman, berpengaruh pada pemasaran Piala Dunia 2010," kata Jordaan.

Namun, masih menurut Jordaan, pemulihan ekonomi di AS membuat panitia Piala Dunia 2010 yakin akan kebanjiran tamu dari negeri Paman Sam. "Setelah AS mencapai final Piala Konfederasi, kami yakin fans mereka akan antusias datang ke Piala Dunia 2010," kata Jordaan.

"Saat ini saja, telah 160 ribu tiket yang terjual ke fans AS, meski tarif hotel dan pesawat terbang sangat mahal," Jordaan mengakhiri.

Sumber: goal.com

Category: 0 comments

0 comments:

Post a Comment

My Playlist


MusicPlaylistRingtones
Create a playlist at MixPod.com

I Gotta Feeling

Seguidores