Menteri Brasil: Seks Bisa Cegah Darah Tinggi

Jumlah kasus penyakit darah tinggi yang menimpa masyarakat di Brasil kian meningkat
SELASA, 27 APRIL 2010, 09:47 WIB
Renne R.A Kawilarang
(doc Corbis)


VIVAnews
- Menteri Kesehatan Brasil, Jose Temporao, punya resep bagaimana mencegah penyakit darah tinggi. Salah cara, menurut dia, adalah melakukan hubungan seks secara teratur selain berolahraga dan menari.

Seruan itu disampaikan Temporao menanggapi makin banyaknya kasus penyakit darah tinggi di negaranya. "Masyarakat harus aktif bergerak. Bermain sepak bola setiap akhir pekan jangan dipandang kegiatan fisik semata. Orang dewasa pun harus olah tubuh, yaitu dengan berjalan, berdansa, dan berhubungan seks yang aman," kata Temporao, Senin, 26 April 2010.

Saat itu, Temporao meluncurkan kampanye nasional mengatasi penyakit tekanan darah tinggi di ibukota Brasil, Brasilia. Dia pun menekankan kepada warga agar tidak lupa memakai pengaman bila berhubungan seks demi tidak terkena penyakit lain.

Usai berpidato, Temporao pun mengulangi pesan yang sama kepada wartawan mengenai pentingnya hubungan seks sebagai salah satu terapi mengatasi darah tinggi. "Ini bukan main-main, tapi serius. Olah tubuh secara teratur juga berarti berhubungan seks, yang tentu harus dengan pengaman," kata Temporao.

Kementrian Kesehatan Brasil mengungkapkan bahwa jumlah kasus penyakit darah tinggi yang menimpa masyarakat dari tahun ke tahun semakin meningkat. Pada 2006, 21,5 persen dari 190 juta rakyat Brasil menderita penyakit ini. Tahun lalu, jumlah itu meningkat jadi 24,4 persen.

Temporao khawatir bahwa penyakit darah tinggi bisa menjadi "bom waktu" di Brasil dalam jangka waktu 20 tahun mendatang karena kasusnya terus meningkat, sama dengan penyakit lain seperti diabetes dan kolesterol tinggi. (Associated Press) (umi)

• VIVAnews

0 comments:

Post a Comment

My Playlist


MusicPlaylistRingtones
Create a playlist at MixPod.com

I Gotta Feeling

Seguidores