Spanyol Berhasil Tranplantasi Seraut Wajah Pertama di Dunia

Transplantasi wajah di Spanyol. AP

TEMPO Interaktif, Madrid - Spanyol telah melakukan transplantasi seraut wajah pertama di dunia. Operasi wajah secara penuh itu menghabiskan waktu 24 jam dan dilakukan oleh lebih dari 30 petugas medis.

Pasiennya adalah seorang petani muda, yang tidak bisa bernapas, menelan atau berbicara dengan benar setelah tidak sengaja menembak dirinya sendiri di wajahnya sendiri, lima tahun yang lalu.

Pasein ini menerima otot wajah baru, kulit, hidung, bibir, rahang, gigi, langit-langit dan tulang pipi dalam operasi pada tanggal 20 Maret di Rumah Sakit Vall d'Hebron University, Barcelona.

Pria, berusia 30 tahun, telah tergantung pada peralatan buatan untuk bernapas dan makan sejak tahun 2005. Menurut pihak rumah sakit, dia telah mengoperasi sembilan kali sebelumnya dan tidak berhasil. Operasi kali ini dianggap untuk transplantasi wajah yang lengkap.

"Operasi dilakukan oleh tim multidisiplin yang dipimpin oleh Dr Joan Pere Barret," pihak rumah sakit mengatakan dalam pernyataan tertulis. “Operasi yang dilakukan adalah operasi plastik dan teknik bedah mikro-neurovaskular rekonstruktif.”

Rumah sakit itu mengklaim, transplantasi wajah kali secara penuh yang pertama dilakukan di seluruh dunia, sepuluh operasi yang dilakukan sebelumnya hanya sebagian.

Pada bagian pertama operasi, bagian lembut wajah donor, termasuk urat dan pembuluh darah, diekstraksi sebelum jaringan lebih kuat telah diambil. Arteri dan vena anak muda itu kemudian diisolasi dan wajah donor diperiksa untuk memastikan ada aliran darah lengkap.

Bagian akhir dari operasi melibatkan transplantasi tulang dan menghubungkan saraf ke wajah baru. Penerima dianggap pulih dan tampaknya sudah melihat wajah barunya.

"Pasien memiliki bekas luka di dahi dan lehernya tetapi luka ini tidak akan terlihat di masa depan. Dia telah melihat dirinya sendiri ketika dia bilang dia menginginkannya dan psikolog mengatakan dia telah siap,” papar Dr Barret.

Menurut Dr Barret, ini adalah seminggu setelah operasi dan dia bereaksi dengan baik, “dia tenang dan puas."

Para ahli di Inggris menyambut baik berita ini. Profesor Peter Butler, kepala Tim Peneliti Transplantasi Wajah Inggris, telah siap untuk melakukan transplantasi wajah penuh selama beberapa bulan ini untuk pasiennya. Timnya masih mencari donor yang mau memberikan dan cocok untuk beberapa pasien Inggris.

"Kami mengucapkan selamat kepada Dr Barret dan tim transplantasi di Spanyol dengn apa yang telah dilakukan dan mungkin menjadi operasi transplantasi wajah yang paling kompleks dilakukan selama ini di seluruh dunia," ujar Dr Butler.

Transplantasi wajah pertama yang sukses dilakukan di Prancis pada tahun 2005 pada Dinoire Isabelle, seorang wanita 38 tahun yang telah diserang oleh anjingnya. Sejak itu, transplantasi wajah telah dilakukan di beberpa negara, termasuk Cina, Amerika Serikat dan Spanyol.

0 comments:

Post a Comment

My Playlist


MusicPlaylistRingtones
Create a playlist at MixPod.com

I Gotta Feeling

Seguidores