5 Trik Redam Hasrat Ngemil

Agar bobot tubuh tidak melonjak, berikut lima cara menekan hasrat ngemil.
SELASA, 18 MEI 2010, 17:23 WIB
Petti Lubis, Mutia Nugraheni
Diet di kantor (Corbis)

VIVAnews - Pekerjaan Anda sangat menguras otak? Jangan heran jika hasrat untuk ngemil saat bekerja sangat tinggi. Menurut penelitian yang dilakukan tim dari Universite Laval, pekerja intelektual cenderung makan berlebihan.

Penelitian yang dipublikasi dalam 'Journal Psychosomatic Medicine' itu melaporkan, wanita yang bekerja di meja dan melakukan tugas-tugas intelektual seperti membaca dan meringkas teks, mengonsumsi 200 kalori lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak harus melakukan pekerjaan intelektual.

Jadi, penyebab hasrat ngemil meningkat, salah satunya adalah pekerjaan. Tentunya jika dibiarkan, bobot tubuh bisa bertambah dan mengganggu kesehatan, berikut lima cara mengatasinya.

1. Tunggu 15 menit
Ketika muncul keinginan untuk makan donat atau keripik kentang, jangan langsung menyantap camilan itu. Tunggulah selama 15 menit. Itu adalah trik dari para ahli diet. Dengan menunggunya kemungkinan hasrat tersebut hilang dengan sendirinya.

2. Ganti camilan sehat
Saat ingin makan es krim coklat, coba ganti camilan. Misalnya, mangga segar atau apel. Cara ini bisa membuat Anda makan lebih sehat, dan melatih untuk meredam keinginan makan makanan yang tidak sehat.

3. Jalan-jalan
Aktivitas ini termasuk cara efektif menghilangkan keinginan untuk makan. Anda bisa berjalan ke meja teman dan mengobrol atau berjalan ke luar kantor. Dengan begitu pikiran jadi terfokus pada obrolan dan aktivitas jalan-jalan.

4. Makan buah lebih dulu
Tidak bisa berhenti memikirkan cake berlapis cokelat? Cobalah makan buah yang manis dan segar, dan katakan pada diri sendiri "Saya bisa makan cokelat jika makan buah terlebih dulu".

Trik ini diberikan oleh psikolog dari Cornell University, Brian Wansink, yang juga penulis buku 'Mindless Eating'. Menurut penelitiannya, orang-orang lebih mampu menghilangkan keinginan menyantap makanan tidak sehat jika mereka makan buah-buahan seperti apel, pisang atau pir terlebih dahulu.

5. Hirup aroma vanila
Cobalah hidup aroma vanila. Penelitian di Inggris menunjukkan mereka yang memakai parfum beraroma vanili lebih mampu mengendalikan keinginan untuk mengunyah permen dan cokelat. Cobalah menyalakan lilin atau memakai parfum aroma vanila untuk meredam hasrat ngemil. (umi)

• VIVAnews

Category: 0 comments

0 comments:

Post a Comment

My Playlist


MusicPlaylistRingtones
Create a playlist at MixPod.com

I Gotta Feeling

Seguidores