Pakistan Blokir Facebook

Pemblokiran dilakukan menyusul munculnya halaman bertajuk 'Everybody Draw Mohammed Day'.
RABU, 19 MEI 2010, 22:53 WIB
Pipiet Tri Noorastuti
Facebook (facebook.com)

VIVAnews - Pakistan melarang penggunaan situs jejaring sosial Facebook di negaranya. Larangan itu menyusul munculnya halaman yang mengajak pengguna Facebook untuk mengikuti lomba menggambar karikatur Nabi Muhammad.

Pengadilan Tinggi Lahore memerintahkan Dewan Telekomunikasi Pakistan untuk memblokir Facebook mulai Rabu, 19 Mei 2010. Halaman bertajuk 'Everybody Draw Mohammed Day' yang ditampilkan dianggap penghinaan terhadap warga muslim.

"Kami telah memblokir URL dan menginstruksikan penyedia jasa internet untuk memblokirnya," ujar Khurram Mehran dari Dewan Telekomunikasi Pakistan.

Keputusan pengadilan itu menjawab protes keras yang didengungkan Gerakan Pengacara Islam Pakistan. "Perlombaan itu melukai hati warga muslim," kata pengacara Chaudhry Zulfikar Ali.

Seperti dikutip dari laman Aljazeera, pengguna Facebook di Pakistan masih leluasa mengakses situs tersebut meski pemblokiran telah dilakukan. Pengguna Facebook di negara itu mencapai 45 juta.

Halaman 'Everybody Draw Mohammed Day' setidaknya telah berhasil menggalang anggota lebih dari 40 ribu Facebooker. Sementara halaman tandingannya 'Against Everybody Draw Mohammed Day' mencapai 53 ribu Facebooker.(np)

• VIVAnews

Category: 0 comments

0 comments:

Post a Comment

My Playlist


MusicPlaylistRingtones
Create a playlist at MixPod.com

I Gotta Feeling

Seguidores