Utusan Obama Tinjau Candi Borobudur

Kedatangan Obama akan menjadi ajang promosi Candi Borobudur ke mancanegara.
JUM'AT, 28 MEI 2010, 16:18 WIB
Pipiet Tri Noorastuti
Candi Borobudur (www.deplujunior.org)

VIVAnews - Utusan Presiden Amerika Serikat Barack Obama kembali melakukan peninjauan di Taman Wisata Candi Borobudur. Namun, pengelola candi masih bungkam soal kepastian kedatangan Obama.

“Terakhir kali datang ke sini sekitar dua minggu lalu. Namun, saya tidak menemuinya karena sedang di Kamboja,” kata Kepala Unit Taman Wisata Candi Borobudur, Pujo Suwarno, kepadaVIVAnews di sela-sela perayaan Waisak di Candi Borobudur, Jumat, 28 Mei 2010.

Utusan pemerintah Amerika Serikat itu melakukan peninjauan bersama tim TNI menyusul rencana kedatangan Obama ke Indonesia pada Juni mendatang.

Meski belum ada kepastian kedatangan Obama, pengelola candi sudah menyiapkan serangkaian kegiatan penyambutan semisal 'Go Green Borobudur'. Obama akan diminta menanam satu pohon di sekitar Candi Borobudur. “Nanti Obama akan menanam pohon jenis langka di atas (sekitar candi),” kata Pujo.

Selain menyiapkan rangkaian kegiatan, pihaknya juga sudah siap mengenai perihal petugas keamanan di dalam komplek candi. “Kami kapanpun selalu siap siaga. Sekarang saja siap,” ujarnya.

Kunjungan Obama ke Candi Borobudur kemungkinan besar masuk dalam rangkaian kunjungan Obama ke Yogyakarta. “Saya bisa bilang 90 persen Obama akan datang ke Borobudur jika beliau datang ke Yogyakarta," ucapnya. "Jika memakai Air Force One akan mendarat di Solo, jika memakai pesawat carter akan mendarat di Jogja."

Pengelola sangat mengharap kedatangan Obama karena secara tak langsung akan menjadi ajang promosi ke mancanegara. “Ini merupakan sarana promosi yang bagus karena Obama pasti membawa rombongan media. Sehingga kedatangannya bisa diliput,” kata Pujo. (sj)

Laporan: Fajar Sodiq| Solo

• VIVAnews

Category: 0 comments

0 comments:

Post a Comment

My Playlist


MusicPlaylistRingtones
Create a playlist at MixPod.com

I Gotta Feeling

Seguidores