Krisis Yunani Picu Harga Minyak Anjlok

Pelaku pasar kembali menghadapi naiknya persediaan minyak mentah di AS
KAMIS, 6 MEI 2010, 08:33 WIB
Renne R.A Kawilarang
Reaksi para pialang di New York melihat pergerakan harga minyak (AP Photo/Mary Altaffer)

VIVAnews - Dalam dua hari berturut-turut harga minyak mentah di bursa New York menderita penurunan drastis. Selain masih khawatir dengan dampak negatif krisis utang di Yunani bagi ekonomi Eropa, pelaku pasar kembali menghadapi naiknya persediaan minyak mentah di AS.

Menurut laman harian The Wall Street Journal, harga minyak untuk kontrak Juni berdasarkan transaksi Rabu sore waktu New York (Kamis dini hari WIB) turun US$2,77 (3,5%) menjadi US$79,97/barel. Di bursa London, harga minyak turun US$3,06 (3,6%) menjadi US$82,61/barel.

Penurunan ini diakibatkan pelaku pasar minyak mentah melontarkan reaksi yang sama dengan para investor saham terkait dengan krisis utang di Yunani.

Mereka khawatir bahwa pinjaman darurat (bailout) sekitar US$144 miliar kepada Yunani, yang akhir pekan lalu sudah disetujui negara-negara pengguna euro (eurozone) dan Dana Moneter Internasional (IMF), sudah terlambat mencegah menularnya krisis utang ke negara-negara lain - seperti yang telah diwanti-wanti kalangan pasar selama berbulan-bulan.

Banyak investor menilai bahwa negara-negara lain yang juga bermasalah dengan utang pada akhinya juga mengajukan bailout. Survei dari lembaga pemeringkat utang Standard & Poor's pekan lalu sudah mendeteksi bahwa Portugal dan Spanyol mulai bermasalah dengan keuangan mereka.

Krisis di Yunani itu juga dipandang menjadi beban bagi eurozone dan ini berpengaruh pada lunturnya kepercayaan pasar akan mata uang euro. Kurs euro atas dolar pun melemah. Di pasar minyak mentah, menguat dolar otomatis membuar harga minyak turun.

Selain itu investor kembali terpukul dengan naiknya persediaan minyak mentah di AS, yang menandakan bahwa konsumsi energi di negara itu masih lemah. Departemen Energi melaporkan bahwa stok minyak mentah per pekan lalu naik 1,3 juta barel. (hs)

• VIVAnews

0 comments:

Post a Comment

My Playlist


MusicPlaylistRingtones
Create a playlist at MixPod.com

I Gotta Feeling

Seguidores