Sejumlah Kabar Positif Gairahkan Wall Street

Akuisisi maskapai United Airlines atas Continental Airlines turut dongkrak sentimen pasar
SELASA, 4 MEI 2010, 07:28 WIB
Renne R.A Kawilarang
(AP Photo/Richard Drew)

VIVAnews - Indeks-indeks harga saham di Wall Street berhasil naik dalam perdagangan di awal pekan. Ini berkat sejumlah laporan positif ekonomi AS dan pembelaan konglomerat Warren Buffet atas bank investasi Goldman Sachs, yang sedang terjerat kasus hukum.

Berdasarkan transaksi Senin sore waktu New York (Selasa dini hari WIB), indeks harga saham industri Dow Jones naim 143,22 poin (1,3%) menjadi 11.151,83. Ini merupakan poin tertinggi Dow sejak 16 Februari lalu.

Indeks Standard & Poor's menguat 15,57 poin (1,3%) menjadi 1.202,26. Begitu pula dengan indeks komposit Nasdaq, naik 37,55 poin (1,5%) menjadi 2.498,74.

Aksi borong para investor mengangkat kembali indeks-indeks harga saham yang sempat turun Jumat pekan lalu berkat laporan yang menunjukkan tanda-tanda penguatan belanja konsumen dan produksi manufaktur di AS.

Departemen Perdagangan AS mengungkapkan bahwa belanja personal selama Maret lalu naik 0,6 persen. Ini merupakan kenaikan terbesar dalam lima bulan terakhir. Namun, pendapatan personal hanya naik 0,3 persen. Data-data itu sesuai dengan perkiraan para analis, namun ini menunjukkan bahwa konsumen kini tampak percaya diri mengeluarkan lebih banyak uang dari tabungan mereka untuk melakukan pembelian.

Di saat yang sama, lembaga survei The Institute for Supply Management mengungkapkan bahwa kegiatan manufaktur di AS bulan lalu naik, dari 59,6 poin di bulan Maret menjadi 60,4 poin. Ini sedikit lebih besar dari proyeksi ekonomi, 60 poin.

Para investor pun menyambut antusias kesepakatan akuisisi maskapai United Airlines atas Continental Airlines Inc. senilai US$3miliar. Ini menunjukkan tanda positif penguatan ekonomi dari sektor korporat.

"Merjer maskapai penerbangan itu hal yang bagus. Ini berarti ada nilai dari pembelian itu," kata Anthony Conroy, pengamat dari BNY ConvergEx Group.

Sementara itu, naiknya saham keuangan dan perbankan juga dipicu oleh komentar Buffet akhir pekan lalu. Dia tidak yakin bila Goldman Sachs melakukan penipuan kepada investor, seperti yang dituduhkan pemerintah melalui Komisi Sekuritas dan Pasar Modal (SEC). Pimpinan Goldman sendiri membantah tuduhan itu. (Associated Press) (hs)



• VIVAnews

0 comments:

Post a Comment

My Playlist


MusicPlaylistRingtones
Create a playlist at MixPod.com

I Gotta Feeling

Seguidores