Remaja Siap Jadi Pelaut Termuda Pengeliling Dunia

Seorang remaja Australia yang bertekad menjadi pelaut termuda pengeliling dunia tinggal beberapa hari lagi mencapai tujuannya. Setelah menempuh lebih dari 20 ribu mil laut, Jessica Watson, 16, harus melawan cuaca buruk saat mengelilingi Tasmania. Ketinggian ombak 12 meter dan angin berkecepatan 55 knot menghadang laju kapalnya.

“Dua minggu terakhir adalah yang paling sulit,” kata manajer Watson Andrew Fraser pada AFP. “Daerah laut itu terkenal berbahaya karena kondisinya. Kami lega karena Jessica berhasil dengan aman melewati wilayah itu.”

Lewat blog pribadinya, Jessica melaporkan bahwa dia mengalami memar dan kejang otot setelah membawa kapal pink terang bernama Ella’s Pink Lady melewati ombak tinggi. Senin ini ia menulis, sudah mengelilingi Tanjung Tenggara Tasmania dan kini bergerak ke utara menuju Sydney. “Aku pikir Tasmania bukan sesuatu yang sulit, tapi setelah perjuangan pekan lalu, kesuksesan melewati Tanjung menjadi sangat manis,” Watson menulis.

Perjalanan Watson tinggal 1600 kilometer lagi sampai garis finish. Total perjalanan yang harus ia lewati adalah 38 ribu km mengelilingi dunia, tanpa berhenti, dan tanpa bantuan. Remaja ini dikritik sebelum berangkat pada 18 Oktober tahun lalu, karena keraguan pihak berwenang akan kemampuannya menyelesaikan tugas berat itu.

Dia bergerak ke timur ke arah Pasifik dan melewati garis khatulistiwa sebelum mengelilingi Tanjung Horn di Amerika Selatan, menyeberangi Atlantik, dan ke bawah Tanjung Harapan Baik di Afrika, lalu menyeberangi Samudra Hindia untuk kembali ke Australia.

Kesulitan pelayaran membuat Watson menunda tanggal kedatangannya di Sydney, dari yang awalnya 8 atau 9 Mei. “(Kira-kira) pada akhir pekan 15-16 Mei,” kata Fraser tentang kedatangan asuhannya itu.(AFP/via Yahoo! News)


Category: 0 comments

0 comments:

Post a Comment

My Playlist


MusicPlaylistRingtones
Create a playlist at MixPod.com

I Gotta Feeling

Seguidores