Rumah Hancur Karena Tekanan TInggi Meteor

Skenario tumbukan adalah meteorit itu diduga berasal dari barat daya.
SABTU, 1 MEI 2010, 19:18 WIB
Arry Anggadha, Agus Dwi Darmawan
Lokasi ledakan di Duren Sawit, Jakarta Timur (VIVAnews/Sandy Alam Mahaputra)

VIVAnews - Peneliti Utama Astronomi-Astrofisika Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN) menyatakan bahwa kuat indikasi ledakan yang terjadi di Duren Sawit itu disebabkan karena meteorit. Kesimpulan itu didapat setelah ia mengunjungi lokasi kejadian kemarin.

Setelah menganalisis lokasi kejadian, Thomas mengatakan kehancuran rumah berlantai dua itu akibat tumbukan benda luar angkasa. Bangunan lantai dua rumah hancur berantakan karena meledak akibat tekanan yang tinggi.

"Anda bisa lihat dari hamburan genting-genting yang mencapai belasan meter di bagian belakang rumah," kata Thomas saat dihubungiVIVAnews, Sabtu 1 Mei 2010.

Menurut Thomas, analisis sementara skenario tumbukan adalah meteorit itu diduga berasal dari barat daya lalu menghancurkan tembok belakang di lantai dua kemudian masuk ke dalam rumah.

Setelah masuk, karena kondisi meteor yang mengalami pemanasan membuat beberapa benda di ruang tengah lokasi kejadian terbakar. Tekanan udara yang tinggi juga sempat membuat ledakan hebat secara tiba-tiba.

"Tenaga itulah yang melemparkan genting dan menghancurkan rangka cor beton di bagian atas rumah," katanya.

Tak berhenti sampai di situ tumbukan meteor itu berlanjut ke tembok belakang, menuju utara sehingga melubangi bagian belakang tembok rumah belakang. Diduga meteor yang menabrak itu sebagian besarnya lebur dan hancur setelah bertabrakan.

LAPAN menyebut belum mendapat sampel soal kepastian meteorit itu. Tapi lokasi peristiwa cukup meyakinkan untuk membuat kesimpulan bahwa itu adalah meteorit.

"Indikatornya cukup kuat bahwa itu adalah meteorit," katanya. (hs)

• VIVAnews

0 comments:

Post a Comment

My Playlist


MusicPlaylistRingtones
Create a playlist at MixPod.com

I Gotta Feeling

Seguidores