Gara-Gara Facebook, Gamer Zynga Merosot

Disebabkan dihilangkannya sistem notifikasi dan permintaan game.
Indra Darmawan
(facebook.com)

VIVAnews - Kebijakan Facebook untuk tidak lagi mengirimkan notifikasi game dan permintaan permainan game kepada para pengguna Facebook, membuat Zynga merana.

Sebab, akibat perubahan kebijakan itu, Zynga mengalami penurunan jumlah gamer secara signifikan di bulan Mei. Seperti dilaporkan oleh Silicon Alley Insider, Zynga kehilangan lebih dari 10 persen dari jumlah pengguna bulanan mereka (Monthly Active User/MAU).

Penurunan hingga 10,7 persen yang dialami Zynga disebabkan oleh penurunan jumlah pemain di berbagai game milik Zynga seperti Farmville (6,9 persen), Cafe World (5 persen), Fishville (3,5 persen), Petville (3,4 persen), dan Mafia Wars (2,8 persen).

Diperkirakan penurunan ini akan terus berlanjut hingga akhir Juni mendatang. Dengan demikian untuk menjaga pertumbuhannya, Zynga musti mengandalkan platform lain selain Facebook.

Antara lain itu mereka upayakan melalui kerjasama dengan Yahoo yang bisa menjadi platform alternatif untuk mendukung pertumbuhannya. Selain itu juga melalui situs milik Zynga sendiri, Farmville.com.

Namun, bukan hanya Zynga yang mengalami penurunan jumlah gamer. Beberapa pengembangn lain macam Electronic Arts, Crowdstar, RockYou, atau Pop Cap Games, juga mengalami nasib serupa.

Dari posisi empat pengembang game teratas, hanya Playdom yang masih meraih pertumbuhan postitif sebesar 0,4 persen. Hal itu dipicu oleh meningkatnya jumlah pemain game Bola dan permainan Treetopia. (kd)

• VIVAnews

0 comments:

Post a Comment

My Playlist


MusicPlaylistRingtones
Create a playlist at MixPod.com

I Gotta Feeling

Seguidores