Topan Alex Ancam Perbatasan AS - Meksiko

Penduduk di pesisir selatan Amerika Serikat dan Meksiko bagian utara tengah waspada mengantisipasi datangnya Topan Alex. Menurut survei pihak berwenang di Miami, badai tropis itu kian menguat dan bergerak ke arah perbatasan AS - Meksiko pada Senin malam waktu setempat (Selasa pagi WIB).

Peringatan badai juga berlaku untuk perairan di selatan Texas (AS) dan timur laut Meksiko.

Pusat Badai Nasional mengatakan bahwa badai Alex diperkirakan akan menjadi topan pada Selasa, 29 Juni 2010 waktu setempat. Badai Alex berada di jalur menuju perbatasan Texas-Meksiko dan menjauh dari kawasan tumpahan minyak di pesisir Louisiana, AS.

Meski demikian, beberapa perusahaan minyak dan gas yang berada di timur Teluk Meksiko sejak akhir pekan lalu memutuskan untuk menutup kilang-kilang minyak mereka sebagai langkah pencegahan.

Peringatan ini berarti bahwa topan kemungkinan menerjang dalam rentang 36 jam. Di Texas, peringatan badai diberlakukan untuk perairan Texas dari Teluk Baffin hingga Port O'Connor. Ahli cuaca mengatakan, kecepatan maksimum angin pada Senin malam mendekati 100 kilometer per jam (kph)

Pada pukul lima sore hari Senin waktu setempat, Alex terdeteksi berada pada sekitar 520 mil tenggara Brownsville, Texas, di barat Teluk Meksiko dan sedang bergerak menuju perbatasan Texas- Meksiko.

Palang Merah AS sudah dalam kondisi siaga dengan mulai mendirikan tempat-tempat penampungan dan berkoordinasi dengan otoritas kondisi darurat setempat serta pejabat negara bagian. (Associated Press)

(umi)

Category: 0 comments

0 comments:

Post a Comment

My Playlist


MusicPlaylistRingtones
Create a playlist at MixPod.com

I Gotta Feeling

Seguidores