Penduduk Gaza Kini Diperbolehkan ke Mesir

Namun belum jelas apakah ini berlaku sementara atau permanen.
Renne R.A Kawilarang
Warga Palestina mengungsi dari rumah mereka di Jalur Gaza (AP Photo/Khalil Hamra)


VIVAnews - Ratusan warga Palestina di Gaza kini bebas melintas ke Mesir. Ini berkat keputusan Pemerintah Mesir, yang sejak 1 Juni kemarin membuka kembali pos perbatasan di Kota Rafah setelah insiden pencegatan berdarah oleh Israel atas konvoi kapal misi kemanusiaan ke Gaza.

Menurut pejabat setempat, dua bus tampak mengangkut 150 warga Palestina Rafah - kota di Mesir yang berbatasan dengan Gaza - pada Rabu, 2 Juni 2010. Kebanyakan dari mereka adalah para pasien yang harus dirawat di luar negeri dan para pemegang izin tinggal di luar Gaza.

Demikian ungkap sumber pemerintah Mesir kepada kantor berita Associated Press, yang tidak mau diungkap identitasnya. Tak lama kemudian, banyak warga dari Mesir juga menuju Gaza melalui Rafah sambil membawa bantuan logistik berupa tenda, selimut, dan 13 unit generator listrik sumbangan Rusia dan Oman.

Rafah merupakan akses bagi warga Palestina di Gaza menuju Mesir dan sebaliknya. Dibuka pada 25 November 2005, Mesir kemudian menutup Perlintasan Rafah sejak Juni 2007 setelah Hamas berhasil memerintah Gaza pasca pemilu 2006. Kini perlintasan itu dibuka kembali, namun belum jelas apakah ini berlaku sementara atau permanen.

Sementara itu, Israel hari ini mempercepat deportasi atas para aktivis yang tergabung dalam konvoi misi kemanusiaan "Freedom Flotilla" untuk membawa bantuan ke Gaza, yang diblokade Israel selama tiga tahun.

Konvoi yang terdiri dari enam kapal itu membawa ratusan aktivis dari 38 negara. Mereka dicegat pasukan komando dan kapal angkatan laut Israel di perairan internasional setelah mereka tetap bergerak menuju perairan Gaza. Aksi pencegatan itu menimbulkan insiden berdarah di Kapal Mavi Marmara dan sejumlah aktivis dikabarkan tewas oleh berondongan tembakan tentara Israel. (umi)

• VIVAnews

Category: 0 comments

0 comments:

Post a Comment

My Playlist


MusicPlaylistRingtones
Create a playlist at MixPod.com

I Gotta Feeling

Seguidores