Tes Darah Temukan Kanker Lebih Cepat 6 Tahun

Tes sederhana ini bisa deteksi tempat terbentuknya kanker 6 tahun sebelum tumor terbentuk.
Petti Lubis, Anda Nurlaila
(doc Corbis)

VIVAnews - Sebuah tes darah sederhana berguna mendeteksi tempat terbentuknya kanker enam tahun sebelum tumor terbentuk. Temuan medis teranyar ini secara akurat mengenali sinyal awal dari sistem kekebalan tubuh terhadap gejala awal kanker (prakanker)

Penelitian di Inggris dan Amerika Serikat menunjukkan, sinyal tumor yang dideteksi lima-enam tahun sebelum tumor terbentuk memberi harapan untuk mengobati penyakit ganas lebih dini.

Temuan Universitas Nottingham dan perusahaan peneliti medis Oncimmune mula-mula dirancang untuk mendeteksi kanker paru-paru dan digunakan bersama skrining konvensional. Ke depan, deteksi yang sama diaplikasikan pada jenis kanker lainnya.

Tes mengidentifikasi sistem kekebalan yang merespon tanda-tanda molekuler awal pertumbuhan kanker. Sebelum terbentuk, sel kanker memproduksi sejumlah kecil protein yang disebut antigen. Bersamaan dengan itu, sistem kekebalan tubuh lantas mendorong menghasilkan sejumlah besar autoantibodi.

Kondisi prakanker dapat diketahui sejak dini dengan mengambil sampel darah pasien sebanyak 10 ml.

Profesor John Robertson, spesialis kanker payudara yang memimpin penelitian kepada The Times mengatakan deteksi paling awal terhadap kanker sekarang baru dapat dilihat saat kanker sudah terbentuk. "Seringkali deteksi kanker secara biologis telah terlambat karena kanker telah berkembang," katanya.

"Kami mulai mengerti proses karsinogenesis dengan cara yang kita belum ada sebelumnya. Sejak pembentukan protein kanker dan respon kekebalan tubuh. Tubuh sebenarnya memberitahu kita jauh sebelum tumor dapat dideteksi."

Riset melibatkan 8.000 pasien dengan sebuah sistem uji yang dikenal dengan EarlyCDT-Lung. Proses deteksi prakanker rencananya mulai diperkenalkan di AS akhir tahun ini dan di Inggris awal tahun depan. (mt)

• VIVAnews

Category: 0 comments

0 comments:

Post a Comment

My Playlist


MusicPlaylistRingtones
Create a playlist at MixPod.com

I Gotta Feeling

Seguidores