Wow! Matahari Mengeluarkan Musik

Sang Surya, Matahari telah menjadi inspirasi ratusan lagu. Namun, ilmuwan baru-baru ini menemukan bahwa pusat tata surya ini membuat musiknya sendiri.

Para astronom dari Universitas Sheffield telah merekam untuk kali pertamanya harmoni musik yang dihasilkan medan magnet di atmosfer luar Matahari. Meski, musik itu terdengar menakutkan.

Para pengamat langit menemukan bahwa, putaran magnetik yang menurut hasil pengamatan, melingkar menjauh dari lapisan terluar Matahari, bervibrasi seperti senar pada alat musik. Di sisi lain, mereka juga seperti gelombang suara instrumen tiup.

Menggunakan citra satelit, dari putaran magnetik Matahari bisa mencapai panjang 60.000 mil, para ilmuwan lalu mengubah getaran itu menjadi suara-suara yang bisa didengar suara manusia.

Ketua tim riset fisika Matahari Universitas Sheffield, Profesor Robertus von Fay-Siebenbürgen mengatakan, meski aneh, akan sangat menarik bahwa kita bisa mendengar suara-suara dari Matahari -- sumber tenaga terbesar di tata surya.

"Suara yang dihasilkan Matahari bisa disebut musik, karena memiliki harmoni," kata dia, seperti dimuat laman Telegraph.

"Hal ini memberikan cara baru untuk mempelajari Matahari dan memberi kita wawasan baru tentang proses fisika yang berlangsung di dalam lapisan luar matahari -- di mana suhunya mencapai jutaan derajat."

Lapisan korona Matahari sejak lama diyakini sebagai tempat pembentukan jilatan api (solar flares) yang melemparkan partikel-partikel ke luar angkasa -- yang kemudian menciptakan fenomena cuaca luar angkasa.

Ketika aktivitas Matahari serta pembentukan jilatan api meningkat, dapat menghasilkan fenomena badai Matahari yang dapat memicu bencana di Bumi.

Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA telah memberi peringatan bahwa, badai Matahari berpotensi terjadi pada 2013 -- yang bisa merusak alat-alat elektronik dan satelit buatan manusia.

Profesor Fay-Siebenbürgen mengatakan, mempelajari musik "matahari" akan memberikan cara baru dalam memahami dan memprediksi jilatan api matahari sebelum terjadi.

Lapisan koronal bergetar dari sisi ke sisi seperti petikan gitar oleh gelombang dari ledakan di permukaan matahari.

Para ilmuwan juga menemukan lapisan matahari bergetar maju-mundur seperti meniru gelombang akustik dalam instrumen angin.

Profesor Fay-Siebenbürgen mengungkapkan, Universitas Sheffield telah meluncurkan sebuah proyek baru, 'Proyek Cahaya Matahari' yang bertujuan menemukan cara-cara baru untuk memanfaatkan dan memahami kekuatan matahari.

Category: 0 comments

0 comments:

Post a Comment

My Playlist


MusicPlaylistRingtones
Create a playlist at MixPod.com

I Gotta Feeling

Seguidores