Indonesia Pengguna Opera Mini Terbesar

Akhirnya dominasi Rusia sebagai pengguna Opera Mini kini berakhir. Indonesia yang selama ini membayangi posisi Rusia telah melesat menjadi negara terbesar pengguna peramban mobile populer itu.

"Mei adalah bulan bersejarah bagi dunia mobile. Setelah lebih dari dua tahun, akhirnya kami memiliki negara pengguna terbesar yang baru di internet mobile. Indonesia selama ini menjadi rival terdekat Rusia, kini menduduki urutan teratas," kata pendiri Opera Software Jon von Tetzchner, pada laporan State of The Mobile Web bulan Mei 2010, yang baru diumumkan di situs resmi Opera.

Pertumbuhan pengguna unik Opera Mini di Indonesia meningkat tajam hingga 317,1 persen, bila dibandingkan dengan tahun 2009. Angka itu jauh melebihi Rusia yang hanya meningkat sebesar 43,3 persen.

Begitu juga pertumbuhan page view pengguna Opera Indonesia yang melesat hingga 570,6 persen sejak Mei tahun lalu, yang jauh melampaui pertumbuhan page view pengguna Rusia yang cuma 71,1 persen.

Data yang ditransfer oleh rata-rata pengguna Rusia memang lebih banyak dari pengguna Indonesia. Setiap pengguna Rusia, rata-rata mentransfer sebanyak 9 MB data. Sementara pengguna Indonesia rata-rata hanya mentransfer sebanyak 6 MB data.

Namun, Indonesia unggul dalam hal page view per pengguna yang mencapai 676 (page view), dibanding Rusia yang cuma menghasilkan 477 pageview per pengguna.

“Selamat kepada Indonesia yang sekarang memimpin akses mobile Web melalui Opera Mini di dunia.” Menurut von Tetzchner, ini tak terlepas dari peran dan dukungan dari komunitas pengguna Opera di Indonesia.

"Mereka telah menolong jutaan masyarakat Indonesia menemukan bagaimana cara Opera Mini dapat membuat penjelajahan mobile web menjadi lebih cepat dan lebih terjangkau," von Tetzchner melanjutkan.

Sejak awal tahun ini, jumlah pengguna Opera Mini di Indonesia memang mulai berkejaran dengan Rusia. Saat dijumpai oleh VIVAnews beberapa waktu lalu, Web Evangelist Opera, Cheah Zibin, sempat mengatakan bahwa saat itu perbedaan jumlah pengguna Opera Mini dari Indonesia dan Rusia hanya terpaut sedikit.

Pengguna Indonesia sendiri paling banyak mengakses jejaring sosial Facebook. Dan kini, pengguna Facebook di Indonesia juga telah menempati urutan ke-3, dan diperkirakan sebentar lagi akan segera menyalip pengguna Facebook Inggris di urutan ke-2. (umi)

0 comments:

Post a Comment

My Playlist


MusicPlaylistRingtones
Create a playlist at MixPod.com

I Gotta Feeling

Seguidores